Perdokhi ingatkan jamaah tetap lakukan senam haji cegah kekakuan sendi

Perdokhi, singkatan dari Persatuan Dokter Haji Indonesia, mengingatkan para jamaah haji untuk tetap melaksanakan senam haji guna mencegah kekakuan sendi selama menjalani ibadah haji. Senam haji merupakan rangkaian gerakan yang dirancang khusus untuk menjaga kebugaran jamaah haji selama berada di tanah suci.

Kekakuan sendi dapat terjadi akibat lamanya waktu duduk atau berdiri selama ibadah haji, serta faktor usia dan kurangnya aktivitas fisik selama menjalani ibadah tersebut. Oleh karena itu, senam haji menjadi penting untuk dilakukan guna menjaga kesehatan tubuh dan mencegah terjadinya kekakuan sendi.

Gerakan-gerakan dalam senam haji meliputi peregangan otot, pergerakan sendi, dan latihan pernapasan. Senam haji tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan fisik, tetapi juga dapat membantu menjaga kesehatan mental dan spiritual jamaah haji selama menjalani ibadah haji.

Perdokhi menekankan pentingnya para jamaah haji untuk tetap disiplin dalam melaksanakan senam haji setiap harinya, baik sebelum maupun setelah menjalani ibadah haji. Dengan melaksanakan senam haji secara rutin, diharapkan para jamaah haji dapat tetap sehat dan bugar selama menjalani ibadah haji dan pulang ke tanah air.

Selain senam haji, Perdokhi juga memberikan tips kesehatan lainnya kepada para jamaah haji, seperti menjaga pola makan yang sehat, cukup istirahat, dan menghindari terlalu lama berjemur di bawah sinar matahari. Semua upaya tersebut bertujuan untuk menjaga kesehatan jamaah haji selama menjalani ibadah haji dan mencegah terjadinya masalah kesehatan selama di tanah suci.

Dengan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan selama menjalani ibadah haji, diharapkan para jamaah haji dapat melaksanakan senam haji dengan baik dan tetap sehat selama menjalani ibadah haji. Semoga ibadah haji para jamaah berjalan lancar dan membawa berkah bagi mereka serta keluarga di tanah air. Amin.