Perbedaan sunscreen dan sunblock, jangan sampai salah pilih

Saat berbicara tentang perlindungan kulit dari sinar matahari, banyak orang sering kali bingung antara sunscreen dan sunblock. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan dalam hal cara kerja dan kandungan bahan aktifnya. Penting bagi kita untuk memahami perbedaan ini agar tidak salah pilih saat memilih produk perlindungan kulit yang tepat.

Sunscreen adalah produk yang mengandung bahan aktif kimia yang bekerja dengan menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas, sehingga kulit tidak terkena paparan langsung sinar matahari. Sunscreen biasanya memiliki tekstur ringan dan mudah meresap ke dalam kulit, sehingga cocok digunakan sehari-hari sebelum beraktivitas di luar ruangan. Sunscreen juga cenderung lebih tahan air sehingga cocok digunakan saat berenang atau berkeringat.

Sementara itu, sunblock adalah produk yang mengandung bahan aktif fisik seperti zinc oxide atau titanium dioxide yang bekerja dengan cara membentuk lapisan fisik di atas kulit untuk memantulkan sinar UV. Sunblock umumnya memiliki tekstur yang lebih tebal dan terlihat lebih putih di kulit, sehingga cocok digunakan saat kita berada di bawah sinar matahari langsung atau di daerah dengan intensitas sinar UV yang tinggi.

Perbedaan utama antara sunscreen dan sunblock terletak pada cara kerja dan kandungan bahan aktifnya. Jika kita ingin perlindungan yang lebih ringan dan cocok digunakan sehari-hari, maka sunscreen adalah pilihan yang tepat. Namun, jika kita membutuhkan perlindungan yang lebih kuat dan tahan lama, sunblock bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

Yang terpenting, saat memilih produk perlindungan kulit, pastikan untuk memperhatikan faktor SPF (Sun Protection Factor) dan UVA/UVB protection yang tertera di kemasan produk. Pilihlah produk dengan kandungan SPF minimal 30 dan perlindungan UVA/UVB yang cukup untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Dengan memahami perbedaan antara sunscreen dan sunblock, kita bisa memilih produk perlindungan kulit yang sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas kita sehari-hari. Jangan sampai salah pilih dan rawan terkena masalah kulit akibat paparan sinar matahari yang berlebihan. Lindungi kulit kita dengan baik dan tetaplah sehat dan cantik!