Paparan cahaya terang di malam hari tingkatkan risiko terkena diabetes

Paparan cahaya terang di malam hari dapat meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes, demikian menurut sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh para ilmuwan. Cahaya terang yang biasanya berasal dari lampu jalan, lampu ruangan yang terlalu terang, atau cahaya dari layar gadget dapat mengganggu ritme alami tubuh dan mengganggu produksi hormon insulin.

Studi ini menemukan bahwa paparan cahaya terang di malam hari dapat mengganggu ritme sirkadian tubuh, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi produksi insulin. Insulin adalah hormon yang sangat penting dalam mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Gangguan dalam produksi insulin dapat meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2.

Selain itu, paparan cahaya terang di malam hari juga dapat menyebabkan gangguan tidur, yang telah terbukti berkaitan dengan risiko diabetes. Ketika seseorang tidak tidur dengan cukup atau tidur dengan kualitas yang buruk, tubuh cenderung mengalami resistensi insulin dan meningkatkan risiko diabetes.

Untuk mengurangi risiko terkena diabetes akibat paparan cahaya terang di malam hari, ada beberapa langkah yang dapat diambil. Pertama, hindari paparan cahaya terang sebelum tidur dengan mematikan lampu yang terlalu terang atau mengurangi penggunaan gadget sebelum tidur. Kedua, pastikan lingkungan tidur Anda gelap dan tenang untuk memastikan tidur yang berkualitas.

Dengan menyadari dampak negatif paparan cahaya terang di malam hari, kita dapat mengambil langkah-langkah preventif untuk melindungi kesehatan tubuh. Jaga ritme sirkadian tubuh Anda dan pastikan tidur yang cukup untuk mengurangi risiko terkena diabetes dan masalah kesehatan lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.