Pakar bantah kemasan AMDK berbahan polikarbonat sebabkan anak autis

Pakar Kesehatan Bantah Kemasan Air Minum Dalam Kemasan Berbahan Polikarbonat Sebabkan Anak Autis

Sebuah informasi yang menyebutkan bahwa kemasan air minum dalam kemasan berbahan polikarbonat dapat menyebabkan anak autis telah menyebar luas di masyarakat. Namun, pakar kesehatan menegaskan bahwa klaim ini tidak memiliki dasar ilmiah yang kuat.

Polikarbonat adalah bahan yang sering digunakan dalam pembuatan botol air minum karena sifatnya yang ringan dan tahan panas. Namun, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa bahan kimia yang terdapat dalam polikarbonat, seperti bisphenol A (BPA), dapat berdampak negatif pada kesehatan, termasuk meningkatkan risiko gangguan perkembangan pada anak.

Namun, Dr. Ida Ayu Made Antara, pakar kesehatan anak dari Rumah Sakit Bunda, Jakarta, menegaskan bahwa tidak ada bukti yang menunjukkan hubungan langsung antara kemasan air minum berbahan polikarbonat dengan perkembangan autisme pada anak. “Autisme adalah kondisi neurologis kompleks yang dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk genetik dan lingkungan,” ujarnya.

Dr. Ida menambahkan bahwa orangtua sebaiknya tetap memilih air minum yang aman dan sehat untuk anak, seperti air mineral dalam kemasan yang tidak mengandung BPA atau memilih botol air minum yang terbuat dari bahan lain, seperti stainless steel atau kaca.

Sebagai orangtua, penting untuk selalu memperhatikan kesehatan anak dan memilih produk yang aman dan sehat untuk mereka. Jika terdapat informasi yang meragukan, sebaiknya konsultasikan dengan pakar kesehatan terpercaya untuk mendapatkan informasi yang akurat dan dapat dipercaya. Jangan terburu-buru percaya pada informasi yang belum terbukti kebenarannya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.