Mengenal Kokedama, seni tanaman hias Jepang di Kebun Raya Cibodas

Mengenal Kokedama, seni tanaman hias Jepang di Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Indonesia, terletak di kawasan Puncak, Jawa Barat. Selain keindahan alamnya, kebun raya ini juga menjadi rumah bagi berbagai jenis tanaman hias, termasuk Kokedama, seni tanaman hias Jepang yang sedang populer saat ini.

Kokedama berasal dari kata “koke” yang artinya lumut dan “dama” yang berarti bola. Sehingga Kokedama secara harfiah berarti bola lumut. Seni tanaman ini merupakan teknik menanam tanaman dalam bola tanah yang dilapisi oleh lumut. Kokedama biasanya digantung sehingga terlihat cantik dan unik.

Di Kebun Raya Cibodas, pengunjung dapat melihat berbagai jenis tanaman hias yang dijadikan Kokedama, mulai dari tanaman kecil seperti succulent hingga tanaman hias yang lebih besar seperti ferns. Selain itu, pengunjung juga dapat belajar cara membuat Kokedama sendiri melalui workshop yang diselenggarakan di kebun raya ini.

Kokedama merupakan seni tanaman hias Jepang yang memiliki filosofi sederhana namun indah, yaitu menghargai kehidupan alam dan merawat tanaman dengan penuh kasih sayang. Dengan merawat Kokedama, kita juga belajar untuk merawat alam dan lingkungan sekitar kita.

Jadi, jika Anda ingin menikmati keindahan seni tanaman hias Jepang dan belajar cara merawat tanaman dengan cara yang unik, jangan lewatkan untuk mengunjungi Kebun Raya Cibodas dan melihat keindahan Kokedama di sana. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat menikmati keindahan alam di Kebun Raya Cibodas.