Mengenal diseksi aorta, deteksi dini dan cara penanganannya

Diseksi aorta adalah kondisi medis serius yang terjadi ketika lapisan dalam dinding aorta, arteri besar yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh, terkoyak. Kondisi ini bisa mengancam jiwa dan membutuhkan penanganan segera.

Deteksi dini sangat penting dalam mengatasi diseksi aorta. Gejala yang mungkin muncul termasuk nyeri dada yang tiba-tiba dan hebat, nyeri punggung, napas pendek, pusing, mual, muntah, dan tekanan darah tidak stabil. Jika Anda mengalami gejala tersebut, segera temui dokter atau pergi ke unit gawat darurat untuk mendapatkan perawatan segera.

Untuk mendiagnosis diseksi aorta, dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan fisik, tes darah, dan tes pencitraan seperti CT scan atau MRI. Setelah diagnosis dikonfirmasi, penanganan segera diperlukan untuk mencegah komplikasi serius.

Penanganan diseksi aorta tergantung pada seberapa parah kondisinya. Pengobatan bisa meliputi penggunaan obat-obatan untuk menurunkan tekanan darah, operasi untuk memperbaiki kerusakan pada dinding aorta, atau prosedur endovaskular untuk memperbaiki koyakan pada dinding aorta tanpa operasi terbuka.

Untuk mencegah terjadinya diseksi aorta, penting untuk menjaga gaya hidup sehat dengan menghindari faktor risiko seperti merokok, obesitas, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes. Juga penting untuk rutin memeriksakan kesehatan dan mengikuti saran dokter mengenai pengobatan yang diperlukan.

Dengan mengenal diseksi aorta, deteksi dini, dan cara penanganannya, kita dapat lebih waspada terhadap kondisi ini dan segera mencari bantuan medis jika diperlukan. Kesehatan jantung adalah hal yang penting, jadi jangan abaikan gejala yang muncul dan selalu konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.