Ketahui fakta soal amoeba pemakan otak bernama Naegleria Fowleri

Naegleria Fowleri adalah jenis amoeba yang dikenal sebagai “pemakan otak” karena bisa menginfeksi otak manusia dan menyebabkan penyakit yang fatal. Amoeba ini biasanya ditemukan di air tawar hangat dan bisa masuk ke dalam tubuh manusia melalui hidung saat mandi atau berenang di tempat-tempat yang terkontaminasi.

Amoeba Naegleria Fowleri memicu penyakit yang disebut sebagai “infeksi otak primer amuba” atau PAM, yang umumnya memiliki gejala yang mirip dengan penyakit flu, seperti demam, sakit kepala, mual, dan kejang-kejang. Namun, penyakit ini berkembang sangat cepat dan bisa menyebabkan kematian dalam waktu yang sangat singkat, biasanya dalam waktu 1-2 minggu setelah terinfeksi.

Meskipun infeksi ini sangat langka, namun sangat penting bagi kita untuk mengetahui fakta-fakta tentang amoeba Naegleria Fowleri agar bisa mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat. Beberapa fakta penting yang perlu diketahui tentang amoeba ini antara lain:

1. Amoeba Naegleria Fowleri biasanya ditemukan di air tawar hangat, seperti danau, kolam renang, dan sungai yang memiliki suhu antara 25-37 derajat Celsius.

2. Infeksi oleh Naegleria Fowleri tidak bisa menular dari satu orang ke orang lain, dan hanya terjadi ketika amoeba tersebut masuk ke dalam tubuh manusia melalui hidung.

3. Penyakit PAM yang disebabkan oleh Naegleria Fowleri umumnya sulit untuk didiagnosis karena gejalanya mirip dengan penyakit lain. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk segera mencari bantuan medis jika mengalami gejala yang mencurigakan setelah berenang atau mandi di tempat-tempat yang terkontaminasi.

4. Langkah-langkah pencegahan yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi oleh Naegleria Fowleri antara lain adalah dengan menghindari berenang atau mandi di air tawar hangat yang tidak terawat, menggunakan penutup hidung saat berenang, dan menghindari menyiram air ke dalam hidung saat mandi.

Dengan mengetahui fakta-fakta tentang amoeba Naegleria Fowleri, kita dapat mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat untuk melindungi diri dan keluarga dari infeksi yang fatal ini. Jaga kebersihan dan selalu waspada saat berenang atau mandi di tempat-tempat yang berpotensi terkontaminasi agar terhindar dari bahaya infeksi oleh Naegleria Fowleri.