IDAI soroti pemerataan pelayanan kesehatan anak di Indonesia

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah menyoroti masalah pemerataan pelayanan kesehatan anak di Indonesia. Menurut IDAI, masih terdapat kesenjangan yang besar antara pelayanan kesehatan anak di daerah perkotaan dan pedesaan.

Dalam sebuah pernyataan resmi, IDAI menyatakan bahwa anak-anak di daerah pedesaan seringkali tidak mendapatkan akses yang sama terhadap pelayanan kesehatan dibandingkan dengan anak-anak di daerah perkotaan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya fasilitas kesehatan yang memadai di pedesaan, serta minimnya jumlah tenaga kesehatan yang berkualitas di daerah tersebut.

IDAI juga menekankan pentingnya pemerataan akses terhadap pelayanan kesehatan anak di seluruh wilayah Indonesia. Menurut IDAI, setiap anak berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas, tanpa terkecuali. Oleh karena itu, IDAI mendorong pemerintah dan lembaga terkait untuk meningkatkan investasi dalam bidang kesehatan anak, terutama di daerah-daerah terpencil dan terisolir.

Selain itu, IDAI juga menekankan pentingnya peningkatan kualitas tenaga kesehatan yang bekerja di bidang pediatri. Menurut IDAI, tenaga kesehatan yang berkualitas merupakan kunci utama dalam memberikan pelayanan kesehatan yang optimal bagi anak-anak. Oleh karena itu, IDAI mengajak para tenaga kesehatan untuk terus meningkatkan kompetensi dan keterampilan mereka dalam merawat anak-anak.

Dengan adanya sorotan dari IDAI terkait pemerataan pelayanan kesehatan anak di Indonesia, diharapkan pemerintah dan lembaga terkait dapat segera mengambil langkah-langkah konkret untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan anak di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga, setiap anak dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat dan bahagia, tanpa terkendala oleh kesenjangan akses terhadap pelayanan kesehatan.