IDAI rekomendasikan anak banyak konsumsi buah saat polusi udara tinggi

Asosiasi Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan agar anak-anak banyak mengonsumsi buah saat polusi udara tinggi. Polusi udara yang tinggi dapat berdampak buruk pada kesehatan anak, terutama pada sistem pernapasan. Oleh karena itu, konsumsi buah yang kaya akan antioksidan dapat membantu melindungi tubuh anak dari efek negatif polusi udara.

Buah-buahan seperti jeruk, stroberi, blueberry, dan anggur mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga dapat membantu melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh akibat polusi udara. Antioksidan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak dan membantu mengurangi risiko terkena penyakit akibat polusi udara.

Selain itu, buah-buahan juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Dengan mengonsumsi buah secara teratur, anak akan mendapatkan asupan gizi yang cukup untuk menjaga kesehatannya, terutama saat terpapar polusi udara yang tinggi.

Namun, selain mengonsumsi buah, IDAI juga menyarankan agar orangtua mengambil langkah-langkah lain untuk melindungi anak dari polusi udara, seperti menggunakan masker saat keluar rumah, menghindari aktivitas di luar ruangan saat polusi udara tinggi, dan menjaga kebersihan lingkungan di sekitar rumah.

Dengan mengonsumsi buah secara teratur dan mengambil langkah-langkah pencegahan lainnya, diharapkan anak-anak dapat tetap sehat dan terlindungi dari efek negatif polusi udara. Kesehatan anak adalah prioritas utama, dan sebagai orangtua, kita harus melakukan yang terbaik untuk melindungi mereka dari berbagai risiko lingkungan yang ada. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat meningkatkan kesadaran kita semua akan pentingnya menjaga kesehatan anak di tengah polusi udara yang tinggi.