IDAI: MPASI buatan sendiri lebih baik dari yang dijual di jalan

MPASI (Makanan Pendamping ASI) adalah makanan tambahan yang diberikan kepada bayi usia 6 bulan ke atas selain ASI. Pemberian MPASI sangat penting untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi si kecil dalam fase pertumbuhan dan perkembangan.

Di Indonesia, banyak orang tua yang memilih untuk membuat sendiri MPASI untuk anak-anak mereka daripada membeli yang dijual di jalan. Hal ini dikarenakan kekhawatiran terhadap kualitas dan kebersihan makanan yang dijual di luar sana.

Menurut IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), MPASI buatan sendiri lebih baik daripada yang dijual di jalan karena kita bisa memastikan bahan-bahan yang digunakan segar dan berkualitas. Selain itu, kita juga bisa memilih bahan-bahan organik dan bebas dari pengawet atau bahan kimia berbahaya.

Membuat MPASI sendiri juga memberikan keuntungan lain seperti dapat mengontrol jumlah garam, gula, dan bahan tambahan lain yang diberikan kepada anak. Kita juga bisa menyesuaikan menu MPASI sesuai dengan selera dan kebutuhan gizi anak.

Namun, dalam membuat MPASI sendiri, kita juga perlu memperhatikan beberapa hal seperti kebersihan saat memasak, pemilihan bahan makanan yang tepat, dan cara penyimpanan yang benar agar makanan tetap segar dan aman untuk dikonsumsi.

Jadi, bagi para orang tua yang ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anak mereka, membuat sendiri MPASI adalah pilihan yang lebih baik daripada membeli yang dijual di jalan. Dengan begitu, kita bisa memastikan bahwa anak-anak mendapatkan makanan sehat dan bergizi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka.