IDAI bagikan 7 kiat orang tua cegah kekerasan seksual pada anak

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah mengeluarkan panduan untuk membantu orang tua mencegah kekerasan seksual pada anak-anak. Kekerasan seksual merupakan salah satu bentuk kejahatan yang sangat merugikan dan dapat memberikan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan fisik dan mental anak.

IDAI menyebutkan bahwa orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam melindungi anak-anak dari kekerasan seksual. Berikut adalah 7 kiat yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk mencegah kekerasan seksual pada anak:

1. Berbicara dengan anak tentang tubuh dan seksualitas secara terbuka dan jujur. Ajarkan anak tentang batasan-batasan yang harus dijaga dan bagaimana cara melindungi diri sendiri dari orang-orang yang tidak pantas.

2. Beritahu anak bahwa mereka memiliki hak untuk menolak sentuhan yang tidak pantas atau tidak nyaman. Ajarkan anak untuk menceritakan kepada orang tua jika mereka merasa tidak aman atau tidak nyaman dengan seseorang.

3. Berikan pengetahuan kepada anak tentang bagaimana cara mengidentifikasi tanda-tanda kekerasan seksual dan memberikan informasi kepada anak tentang siapa yang dapat mereka percayai untuk berbicara mengenai hal tersebut.

4. Pantau pergaulan anak dengan orang-orang di sekitarnya, termasuk dengan teman-teman sekolah, guru, dan orang dewasa lainnya. Pastikan anak selalu berada di lingkungan yang aman dan terawasi.

5. Ajarkan anak tentang pentingnya menjaga privasi dan tidak membagikan informasi pribadi kepada orang yang tidak dikenal atau tidak dipercaya.

6. Jangan ragu untuk membicarakan masalah kekerasan seksual dengan anak, meskipun topik tersebut terasa sulit atau tabu. Berikan dukungan dan pemahaman kepada anak bahwa mereka tidak bersalah atas apa yang terjadi.

7. Jika ada indikasi atau kecurigaan bahwa anak telah menjadi korban kekerasan seksual, segera laporkan kepada pihak yang berwenang dan segera cari bantuan medis serta psikologis untuk anak.

Dengan menerapkan kiat-kiat tersebut, diharapkan orang tua dapat membantu melindungi anak-anak dari kekerasan seksual yang dapat merusak masa depan dan kesejahteraan mereka. Semoga panduan ini dapat bermanfaat bagi semua orang tua dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan anak-anak mereka.