Frugal living, apa artinya? – ANTARA News

Frugal living mengacu pada gaya hidup hemat atau berhemat, di mana seseorang atau keluarga berusaha untuk mengelola keuangan mereka dengan bijaksana dan efisien. Tujuan dari frugal living adalah untuk menghemat uang, mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, dan memprioritaskan kebutuhan dasar.

Frugal living bukan berarti hidup dalam keterbatasan atau menahan diri dari segala hal yang membuat hidup menyenangkan. Sebaliknya, frugal living adalah tentang membuat keputusan cerdas dalam mengelola uang, menghindari hutang yang tidak perlu, dan memprioritaskan pengeluaran yang benar-benar penting.

Ada beberapa cara untuk menerapkan frugal living dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah dengan membuat anggaran bulanan dan mengikuti rencana pengeluaran yang telah ditetapkan. Dengan cara ini, seseorang dapat mengontrol pengeluaran mereka dan menghindari pemborosan.

Selain itu, frugal living juga melibatkan kebiasaan seperti membeli barang-barang dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan, memanfaatkan diskon dan promosi, serta menghindari pembelian impulsif. Selain itu, seseorang juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan barang bekas atau barang second-hand, atau memperbaiki barang yang rusak daripada langsung membeli yang baru.

Dengan menerapkan prinsip frugal living, seseorang dapat mengurangi stres finansial, menghemat uang untuk masa depan, dan meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan. Dengan melakukan perubahan kecil dalam kebiasaan pengeluaran sehari-hari, seseorang dapat mencapai tujuan keuangan mereka dengan lebih efisien dan efektif.

Jadi, frugal living bukanlah tentang menahan diri atau hidup dalam keterbatasan, namun lebih tentang mengelola keuangan dengan bijaksana dan efisien untuk mencapai kehidupan yang lebih stabil dan sejahtera. Dengan menerapkan prinsip-prinsip frugal living dalam kehidupan sehari-hari, seseorang dapat mengendalikan keuangan mereka dan mencapai tujuan keuangan mereka dengan lebih mudah.