Dokter: Perlu asesmen penumpang pesawat yang miliki riwayat jantung

Dalam era globalisasi seperti saat ini, transportasi udara menjadi salah satu moda transportasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Namun, ada beberapa penumpang yang perlu mendapat perhatian khusus, terutama bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung.

Dokter: Perlu asesmen penumpang pesawat yang memiliki riwayat jantung

Pesawat terbang adalah sarana transportasi yang memungkinkan kita untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan cepat dan efisien. Namun, bagi penumpang yang memiliki riwayat penyakit jantung, terbang dengan pesawat bisa menjadi risiko yang cukup besar.

Menurut para ahli kesehatan, penumpang pesawat yang memiliki riwayat penyakit jantung perlu mendapatkan asesmen kesehatan sebelum melakukan perjalanan udara. Hal ini dikarenakan kondisi udara di ketinggian yang rendah saat terbang dapat mempengaruhi kesehatan jantung seseorang.

Seorang dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap penumpang yang memiliki riwayat penyakit jantung sebelum memutuskan apakah mereka aman untuk terbang atau tidak. Asesmen kesehatan ini meliputi pemeriksaan tekanan darah, detak jantung, serta tes darah untuk mengetahui kadar kolesterol dan gula darah.

Selain itu, dokter juga akan meninjau riwayat medis penumpang, termasuk riwayat penyakit jantung yang pernah diderita, pengobatan yang sedang dijalani, serta hasil tes jantung yang pernah dilakukan. Dengan demikian, dokter dapat menentukan apakah penumpang tersebut aman untuk terbang atau perlu mendapatkan perawatan khusus selama perjalanan udara.

Jika dokter menemukan adanya risiko kesehatan yang cukup besar bagi penumpang yang memiliki riwayat penyakit jantung, maka disarankan untuk menunda perjalanan udara tersebut hingga kondisi kesehatan mereka membaik. Hal ini dilakukan demi menjaga keselamatan penumpang selama perjalanan udara.

Dalam hal ini, peran dokter sangatlah penting dalam memastikan keselamatan penumpang pesawat yang memiliki riwayat penyakit jantung. Sebagai penumpang, sebaiknya kita juga selalu jujur dalam memberitahukan kondisi kesehatan kita kepada maskapai penerbangan agar mereka dapat memberikan perhatian khusus selama perjalanan udara.

Dengan adanya asesmen kesehatan yang dilakukan oleh dokter sebelum terbang, diharapkan risiko kejadian yang tidak diinginkan dapat diminimalisir. Jadi, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung sebelum melakukan perjalanan udara. Keselamatan Anda adalah yang terpenting!