Dokter: Cegah penyakit jantung koroner sejak usia 35-40 tahun ke atas

Penyakit jantung koroner adalah salah satu penyakit yang menjadi momok bagi banyak orang di Indonesia. Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan plak di arteri jantung yang dapat menyebabkan penyumbatan aliran darah ke jantung. Hal ini dapat berakibat fatal jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat.

Menurut dokter, pencegahan penyakit jantung koroner sebaiknya dimulai sejak usia 35-40 tahun ke atas. Hal ini karena risiko terkena penyakit jantung koroner meningkat seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Oleh karena itu, penting bagi setiap orang untuk mulai memperhatikan pola makan dan gaya hidup sehat sejak dini.

Salah satu faktor risiko utama penyakit jantung koroner adalah pola makan yang tidak sehat. Mengkonsumsi makanan tinggi lemak jenuh, gula, dan garam dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung koroner. Oleh karena itu, disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang rendah lemak, tinggi serat, serta banyak mengonsumsi buah dan sayur.

Selain itu, penting juga untuk rutin berolahraga minimal 30 menit setiap hari. Olahraga dapat membantu menjaga berat badan ideal, meningkatkan kesehatan jantung, serta mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner. Selain itu, hindari kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol yang berlebihan karena kedua hal tersebut dapat merusak kesehatan jantung.

Selain menjaga pola makan dan gaya hidup sehat, penting juga untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Dengan melakukan pemeriksaan kesehatan, dokter dapat mendeteksi dini adanya faktor risiko penyakit jantung koroner dan memberikan penanganan yang tepat. Jadi, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter secara berkala untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Dengan menerapkan pola makan dan gaya hidup sehat sejak usia 35-40 tahun ke atas, Anda dapat mencegah risiko terkena penyakit jantung koroner. Ingatlah bahwa kesehatan jantung adalah investasi terbaik untuk masa depan Anda. Jadi, jangan menunda-nunda untuk mulai hidup sehat sekarang juga!