Dokter: Anak dengan alergi susu sapi tak boleh diberi susu kambing

Anak dengan alergi susu sapi seringkali disarankan untuk mengkonsumsi susu kambing sebagai alternatif. Namun, tahukah Anda bahwa anak dengan alergi susu sapi sebaiknya tidak diberi susu kambing?

Susu kambing memang dianggap sebagai alternatif yang baik bagi anak-anak dengan alergi susu sapi karena kandungan proteinnya yang berbeda. Namun, tidak semua anak dengan alergi susu sapi bisa mentoleransi susu kambing. Beberapa anak bahkan bisa mengalami reaksi alergi yang sama jika diberi susu kambing.

Sebagian besar anak dengan alergi susu sapi mengalami reaksi alergi karena protein kasein dan whey yang terdapat dalam susu sapi. Meskipun susu kambing mengandung protein yang berbeda, namun masih ada kemungkinan anak tersebut juga alergi terhadap protein yang terdapat dalam susu kambing.

Sebelum memberikan susu kambing kepada anak dengan alergi susu sapi, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi. Mereka akan memberikan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan anak dan membantu menentukan apakah anak tersebut cocok atau tidak dengan susu kambing.

Jika anak mengalami reaksi alergi setelah mengkonsumsi susu kambing, segera hentikan pemberian susu tersebut dan konsultasikan kembali dengan dokter. Dokter akan membantu menentukan alternatif yang lebih sesuai untuk anak tersebut, seperti susu kedelai atau susu hipoalergenik.

Sebagai orangtua, penting untuk memahami bahwa setiap anak memiliki kondisi kesehatan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengambil keputusan terkait pemberian susu kepada anak dengan alergi susu sapi. Kesehatan anak adalah prioritas utama, dan peran dokter sangat penting dalam membantu menentukan pilihan yang terbaik untuk anak Anda.