Diet Mediterania bisa turunkan kecemasan dan stres pada lansia

Diet Mediterania telah lama dikenal sebagai pola makan yang sehat dan bermanfaat bagi kesehatan. Tidak hanya baik untuk tubuh, ternyata diet Mediterania juga memiliki manfaat yang signifikan untuk mengurangi kecemasan dan stres pada lansia.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Spanyol menemukan bahwa diet Mediterania dapat membantu menurunkan tingkat kecemasan dan stres pada lansia. Pola makan ini kaya akan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, ikan, dan minyak zaitun. Komponen-komponen ini memiliki kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan di tubuh dan mengurangi tingkat stres.

Selain itu, konsumsi ikan yang tinggi dalam diet Mediterania juga diketahui dapat meningkatkan produksi serotonin, zat kimia yang bertanggung jawab untuk mengatur suasana hati dan emosi. Hal ini dapat membantu mengurangi kecemasan dan depresi pada lansia.

Selain manfaat langsung untuk kesehatan mental, diet Mediterania juga diketahui dapat membantu dalam mencegah penyakit-penyakit kronis yang dapat meningkatkan risiko kecemasan dan stres, seperti penyakit jantung dan diabetes.

Dengan demikian, diet Mediterania bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, tetapi juga dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan mental lansia. Oleh karena itu, sangat penting bagi lansia untuk memperhatikan pola makan mereka dan mempertimbangkan untuk mengadopsi diet Mediterania sebagai bagian dari gaya hidup sehat mereka. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.