Ahli rekomendasikan lansia banyak konsumsi makanan berprotein

Menjaga kesehatan lansia merupakan hal yang penting untuk memastikan bahwa mereka tetap sehat dan bugar di masa tua. Salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan adalah pola makan yang sehat dan seimbang.

Ahli gizi merekomendasikan agar lansia banyak mengonsumsi makanan yang mengandung protein. Protein merupakan zat gizi yang sangat penting untuk memperbaiki dan mempertahankan jaringan tubuh, termasuk otot, kulit, dan organ-organ tubuh lainnya.

Lansia seringkali mengalami penurunan massa otot dan kekuatan otot seiring bertambahnya usia. Dengan mengonsumsi makanan yang kaya protein, lansia dapat membantu menjaga kekuatan otot mereka dan mencegah terjadinya penurunan massa otot yang berlebihan.

Beberapa sumber protein yang baik untuk lansia antara lain daging tanpa lemak, ikan, telur, produk susu rendah lemak, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Mengonsumsi makanan-makanan tersebut secara teratur dapat membantu lansia menjaga kesehatan mereka dan menghindari masalah kesehatan yang disebabkan oleh kekurangan protein.

Selain itu, ahli gizi juga menyarankan agar lansia memperhatikan asupan nutrisi lainnya seperti serat, vitamin, dan mineral. Pola makan yang seimbang dan beragam akan membantu lansia mendapatkan nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh mereka.

Dengan mengonsumsi makanan yang kaya protein dan nutrisi lainnya, lansia dapat menjaga kesehatan mereka dan tetap aktif di masa tua. Oleh karena itu, penting bagi lansia dan keluarga mereka untuk memperhatikan pola makan yang sehat dan seimbang sebagai bagian dari upaya menjaga kesehatan dan kualitas hidup lansia.