7 Manfaat baking soda yang tidak banyak diketahui orang

Baking soda atau natrium bikarbonat adalah salah satu bahan yang sering digunakan dalam kegiatan memasak dan membersihkan rumah. Namun, tahukah Anda bahwa baking soda memiliki beragam manfaat lain yang tidak banyak diketahui orang? Berikut adalah tujuh manfaat baking soda yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Menghilangkan Bau Mulut
Baking soda dapat digunakan sebagai obat alami untuk menghilangkan bau mulut. Cukup campurkan satu sendok teh baking soda ke dalam segelas air, lalu gunakan sebagai obat kumur. Baking soda dapat membantu mengurangi jumlah bakteri di mulut yang menyebabkan bau tidak sedap.

2. Mengatasi Sengatan Matahari
Jika kulit Anda terbakar akibat terkena sinar matahari, Anda bisa menggunakan baking soda untuk meredakan rasa panas dan iritasi. Campurkan beberapa sendok baking soda ke dalam air dingin dan gunakan sebagai kompres pada area kulit yang terbakar.

3. Mengurangi Gatal pada Kulit
Baking soda juga dapat membantu mengurangi gatal pada kulit akibat alergi atau gigitan serangga. Campurkan baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta, lalu oleskan pada area kulit yang gatal. Biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air bersih.

4. Membersihkan Ketiak
Apakah Anda sering mengalami bau badan yang tidak sedap di area ketiak? Baking soda dapat membantu membersihkan dan menghilangkan bau tidak sedap tersebut. Campurkan baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta, lalu oleskan pada area ketiak dan biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air bersih.

5. Menghilangkan Noda pada Gigi
Baking soda juga dapat digunakan sebagai pengganti pasta gigi untuk menghilangkan noda pada gigi. Campurkan baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta, lalu gunakan sebagai pasta gigi untuk menggosok gigi Anda. Baking soda dapat membantu membersihkan gigi dan menghilangkan noda yang membandel.

6. Menghilangkan Bau pada Sepatu
Jika sepatu Anda mulai berbau tidak sedap, Anda bisa menggunakan baking soda untuk menghilangkan Bau tersebut. Cukup taburkan baking soda ke dalam sepatu dan biarkan semalam sebelum dibersihkan dengan sikat atau kain bersih. Bau tidak sedap pada sepatu pun akan hilang dengan cepat.

7. Membersihkan Kamar Mandi
Baking soda juga dapat digunakan sebagai pembersih alami untuk membersihkan kamar mandi. Campurkan baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta, lalu oleskan pada permukaan kamar mandi yang kotor dan biarkan selama beberapa menit sebelum disikat dan dibilas dengan air bersih. Baking soda dapat membantu menghilangkan noda dan kotoran tanpa merusak permukaan kamar mandi.

Itulah tujuh manfaat baking soda yang mungkin belum banyak diketahui orang. Dengan berbagai manfaat yang dimilikinya, baking soda bisa menjadi salah satu bahan yang sangat bermanfaat untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, jangan ragu untuk mencoba menggunakan baking soda untuk berbagai kebutuhan Anda!